Welcome to my blog !!!

Welcome to my blog !!!

Blog ini membahas tentang keperawatan, kebidanan, serta hal - hal umum lainnya...

Senang sekali jika anda mau berbagi pendapat dengan saya disini... ^^

Minggu, 06 Mei 2012

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT

A.      Pendahuluan
Dalam perkembangannya, rumah sakit masa kini bukan lagi berfungsi sebagai lembaga sosial semata, tetapi merupakan lembaga bisnis yang patut diperhitungkan keberadaanya. Perubahan fungsi ini terjadi dengan banyak ditemukannya penyakit-penyakit baru maupun teknologi pengobatan yang makin maju. Teknologi informasi telah mempengaruhi pula pelayanan rumah sakit, antara lain dibutuhkan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat akan ketepatan dan kecepatan pelayanannya.
Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit Departemen Kesehatan RI telah mengeluarkan kebijakan yang menjadi pedoman bagi penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta. Sistem informasi rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu tersebut. Sistem informasi rumah sakit secara umum bertujuan untuk mengintegrasikan sistem informasi dari berbagai subsistem dan mengolah informasi yang diperlukan sebagai pengambilan keputusan
Manajemen rumah sakit menghendaki pengelolaan rumah sakit yang efektif dan efesien. Efektif dalam arti tingkat keberhasilan penanganan terhadap pasien cukup tinggi dan efesien berarti optimal dalam penggunaan sumber daya rumah sakit yang ada. Suatu upaya serius dan terencana harus ditempuh agar keinginan tersebut dapat tercapai.
Dengan perkembangan beberapa rumah sakit di Indonesia akhir-akhir ini baik dari segi aspek administratif atau teknologi peralatan medis, maka proses pelayanan kesehatan di Indonesia dapat berangsur-angsur lebih baik. Untuk mengembangkan mutu pelayanan rumah sakit dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung yang digunakan untuk proses pengolahan data rumah sakit dengan pemanfaatan teknologi komputer.
Teknologi yang dirancang khusus untuk membantu proses pengolahan data di rumah sakit adalah teknologi informasi berupa Sistem Informasi Manajemen (SIM) rumah sakit. Informasi merupakan aktivita (asset) penting suatu rumah sakit dalam meningkatkan efesiensi dan efektifitas pekerjaan. Era saat ini, banyak rumah sakit tidak menyadari berapa banyak informasi telah didapat dan diproses serta didistribusikan baik secara manual maupun secara komputerisasi.
Sistem informasi dapat dilakukan dengan metode manual maupun dengan metode komputerisasi yang seharusnya dirancang dan dikembangkan secara terencana dan terarah tetapi dengan semakin berkembangnya dan semakin kompleksnya sistem informasi di era jejaring informasi ini maka sistem informasi manajemen tidak akan dapat berfungsi sesuai yang diharapkan tanpa adanya dukungan elemen komputerisasi (Mulyadi, 2001).
Sistem informasi berbasis komputer memiliki kelebihan dalam hal kecepatan dan ketepatan. Ketepatan karena komputer dapat menyimpan serta mengelola data dalam kapasitas yang besar juga minimnya kesalahan yang dapat terjadi. Kecepatan dapat dilihat dari otomatisasi yang mampu dilakukan oleh komputer dengan dukungan sistem yang tepat dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Sistem informasi berbasis komputer juga berguna bagi peningkatan kinerja user dalam hal membantu mereka untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka (Mahmudin, 2003).

1.       Pengertian
Sistem informasi manajemen (manajemen information system) atau disingkat sebagai MIS, merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Sistem Informasi Manajemen saat ini merupakan sumber daya utama, yang mempunyai nilai strategis dan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai daya saing serta kompetensi utama sebuah organisasi dalam menyongsong era Informasi ini.
Sedangkan sistem informasi manajemen rumah sakit adalah suatu sistem berbasis komputer yang menghasilkan sekumpulan informasi yang telah diolah dan saling berinteraksi. Hasil informasi berupa laporan dan digunakan oleh pengguna dalam mengambil keputusan atau peningkatan upaya pelayanan. Sistem informasi rumah sakit umumnya mencakup masalah klinikas ( Media ), Pasien dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan rumah sakit itu sendiri. Selain itu, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit merupakan applikasi yang dirancang untuk kebutuhan pengelolaan Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah di dukung dengan fitur dan modul yang lengkap.
Sistem informasi manajemen rumah sakit berfungsi untuk:
1.       Pengendalian mutu pelayanan
2.       Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
3.       Penyederhanaan pelayanan
4.       Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
5.       Penelitian klinis
6.       Pendidikan
7.       Perencanaan dan evaluasi program

2.       Manfaat
Manfaat yang didapatkan Rumah Sakit dengan menggunaan SIMRS ini adalah:
·         Proses-proses manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lainnya.
·         Pengendalian stok obat dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan dengan lebih mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap saat.
·         Penagihan kepada pasien bisa dibuat dalam sebuah single billing statement untuk semua jasa perawatan yang telah diterima pasien.
·         Riwayat penyakit dan perawatan (medical record) pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan otomatis.
·         Analisis statistik diagnosa dan pembedahan terhadap pasien telah disesuaikan dengan standard yang telah ditetapkan WHO.
·         Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya.
·         Memudahkan penyusunan rencana cash-flow dan pengendalian arus kas maupun bank.
·         Dengan SIMRS, resiko keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi.
·         Menjaga konsistensi data (data consistency) karena menggunaan data bersama (data sharing) baik data master (database pasien, dokter, perawat, karyawan dan obat) maupun data transaksi.
·         Pemanfaatan data keluaran / output dari suatu modul oleh modul lain (sebagai masukan / input) sehingga bisa dihindari adanya redundansi proses antar bagian.
·         SIMRS memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan akurat.
·         Pencetakan nota pembayaran, kuitansi, surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah.
·         Efisiensi waktu entri data (entry time) karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten.
·         Efisiensi kerja karyawan menjadi meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat. Dengan demikian karyawan lebih bisa berkonsentrasi kepada hal-hal yang bersifat stratgis.
·         dll.

3.       Keunggulan
SIM Rumah Sakit yang dikembangkan Enigma memiliki keunggulan sistem yang akan memberikan keuntungan dalam implementasinya sebagai berikut :
a.       Terintegrasi
Merupakan satu kesatuan sistem secara keseluruhan sehingga meningkatkan esfisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan laporan yang komprehensif.
b.       Modular
Dikembangkan dengan modul-modul dengan fleksibilitas tinggi sehingga memudahkan implementasi, pemeliharaan, dan penambahan modul baru.
c.        Klien-Server Arsitektur
Dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodology programming.
d.       Multi User - Multi Tasking
Dapat digunakan oleh banyak pengguna (user) secara bersama-sama tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif.
e.        Scalable
Memiliki kemampuan tingkat skalabilitas yang tinggi. Kemampuan menyimpan data dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan teknologi dan kebutuhan.
f.        Reliable
 Dilengkapi dengan sistem backup untuk keamanan data.

0 komentar:

Poskan Komentar