Welcome to my blog !!!

Welcome to my blog !!!

Blog ini membahas tentang keperawatan, kebidanan, serta hal - hal umum lainnya...

Senang sekali jika anda mau berbagi pendapat dengan saya disini... ^^

Senin, 23 April 2012

LAPORAN PENDAHULUAN TUMOR PADA TELINGA

LANDASAN TEORI MEDIK

A.    PENGERTIAN
Tumor pada telinga bisa bersifat bukan kanker (benign) atau bersifat kanker (malignant). Tumor yang jinak bisa tumbuh di saluran telinga, menyebabkan penyumbatan dan penimbunan kotoran telinga serta ketulian. Contoh dari tumor jinak pada saluran telinga adalah: Kista sebasea (kantong kecil yang terisi sekresi dari kulit), Osteoma (tumor tulang), Keloid (pertumbuhan dari jaringan ikat yang berlebihan ). Banyak tumor telinga ditemukan pada saat seseorang memperhatikan tumor tersebut, atau ketika seorang dokter memeriksa ke dalam telinga karena seseorang merasa sepertinya pendengarannya berkurang. 
Tumor yang tidak bersifat kanker kemungkinan terjadi di saluran telinga, menutup saluran telinga dan menyebabkan hilangnya pendengaran dan membentuk kotoran telinga.

B.     ETIOLOGI
Tumor ini biasanya menyerang daun telinga. Diduga penyebab penyakit ini akibat sinar ultraviolet matahari atau iritasi kronik.

C.     MANIFESTASI KLINIK
Nodul yang melekat erat dengan erosi pada permukaan tumor dan pembentukan ulkus ditutupi krusta super isial yang keras dengan pinggir yang tidak rata. Rasa nyeri telinga tidak terlalu hebat, kecuali bila telah mengenai tulang rawan di bawahnya.
Beberapa tumor mengandung kantung kecil yang berisi kulit yang menonjol (kista sebaceous), osteomas (tumor tulang), dan berkembangnya jaringan parut sehabis luka (keloid). 
Pada liang telinga atau telinga tengah tampak bersamaan infeksi kronik telinga. Permukaan merah, kadang tampak sebagai jaringan granulasi atau polip. Nyeri telinga sangat hebat bila membuka mulut, mengunyah, dan menguap. Kelenjar limfe retroaurikular dan preaurikular membesar.

D.    PENATALAKSANAAN
Kebanyakan pengobatan yang berhasil adalah operasi pengangkatan tumor. Setelah pengobatan, pendengaran biasanya kembali menjadi normal. 
Sel basal dan kanker sell squamous adalah kanker kulit umum yang sering terjadi di bagian luar telinga setelah terus-menerus dan dalam jangka waktu lama terkena sinar matahari. Ketika kanker ini terlihat pertama kali, kanker tersebut bisa berhasil disembuhkan dengan mengangkat tumor tersebut lewat operasi atau dengan melakukan terapi radiasi. Kanker yang lebih tinggi tingkatannya bisa memerlukan operasi pengangkatan dengan daerah lebih besar bagian luar telinga. 
Ceruminoma (kanker pada sel yang memproduksi kotoran telinga) dibentuk di lapisan luar ketiga dari saluran telinga dan dapat menyebar. Ceruminomas tidak berpengaruh apapun dengan kotoran telinga. Pengobatan terdiri dari pengangkatan kanker dan pembedahan jaringan di sekelilingnya. 

E.     PEMERIKSAAN PENUNJANG
Tomografi komputer untuk menunjukkan perluasan tumor. Biopsi jaringan atau jarum halus untuk mengetahui diagnosis pasti.

F.      KOMPLIKASI
Penyebaran ke organ vital sekitarnya.

 

0 komentar:

Poskan Komentar